Sunday, April 22, 2012

Most Dangerous and Deadliest Plants on the Earth (Tumbuhan-tumbuhan Paling Berbahaya dan Mematikan di Bumi)


Most Dangerous Plants and Deadliest Plants on the Earth : Deadly neurotoxins, thorns capable of puncturing car tires, and powerful digestive enzymes are just a few of some crafty ways to fend off hungry animals. 

Tumbuhan Paling Berbahaya dan Mematikan di Bumi : Deadly Neurotoxins (Neurotoxins Mematikan), Duri-duri yang mampu menusuk ban, dan enzim-enzim pencernaan yang kuat hanya sebagian kecil dari beberapa cara pertahanan tumbuhan dari pemangsa. 





These are the most dangerous plants and deadliest plants on the earth / berikut adalah Tumbuhan-tumbuhan paling berbahaya dan mematikan di bumi :

1. Jarak / Castor Bean Plant : Ricinus communis

MOST LIKELY TO BE IN YOUR GARDEN
Kingdom : Plantae
Division : Magnoliophyta
Class : Magnoliopsida
Order : Malpighiales
Famili : Euphorbiaceae
Genus : Ricinus

Species : Ricinus communis

Jarak (Ricinus communis) adalah tumbuhan liar setahun (annual) dan biasa terdapat di hutan, tanah kosong, di daerah pantai, namun sering juga dikembangbiakkan dalam perkebunan. Tanaman ini tergolong tanaman perdu, memiliki daun tunggal menjari antara 7 - 9, berdiameter 10-40 cm. Tumbuhan ini merupakan spesies tanaman dari Euphorbiaceae dan tergolong ke dalam genus Ricinus, subtribe Ricininae. Bijinya mengandung ricin yang sangat mematikan dan dapat membunuh orang dewasa hanya dalam beberapa menit. Namun, pada industri makanan, biji jarak digunakan sebagai bahan tambahan permen dan coklat, dengan diolah dulu tentunya. Menurut American Association of Poison Control Centre (AAPCC), tercatat orang yang meninggal akibat keracunan Castor Bean hanya berjumlah 2 orang sepanjang periode 1999-2004.


2. Western Water Hemlock : Cicuta douglasii

MOST VIOLENTLY TOXIC PLANT IN NORTH AMERICA
Kingdom : Plantae
Division : Magnoliophyta
Order : Apiales
Family : Apiaceae
Genus : Cicuta
Species : Cicuta douglasii

Cicuta douglasii adalah tanaman beracun dari suku Apiaceae. Tanaman ini adalah tanaman perennial yang tumbuh di tempat yang basah seperti rawa atau di pinggir sungai. Socrates, seorang filsuf Yunani yang terkenal, mati setelah dipaksa untuk meminum racun tanaman ini. Racun Water Hemlock terletak pada akarnya yang mengandung cicutoxin pada getahnya. Sedikit saja getah beracun tersebut termakan, maka akan timbul gejala kejang-kejang dan disusul dengan kematian mendadak. Click here for more info about Cicuta douglasii 

3. White snakeroot : Eupatorium rugosum

THE PLANT THAT KILLED A PRESIDENT'S MOTHER
Kingdom : Plantae
Division : Magnoliophyta
Order : Asterales
Family : Asteraceae
Genus : Eupatorium
Species : Eupatorium rugosum

Snakeroot adalah musuh utama hewan ternak walaupun tidak menyebabkan kematian secara langsung. Susu hewan ternak seperti sapi, kambing dan domba, seringkali terkontaminasi akibat memakan tanaman ini. Penampilannya yang menarik dengan bulu-bulu halus berwarna putih. Namun, dibalik penampilannya yang mengundang ketertarikan siapapun yang melihat ternyata bunganya mengandung tremetol, suatu senyawa racun yang mengontaminasi susu hewan ternak. Meminum susu hewan ternak yang telah terkontaminasi trimetol dapat mengakibatkan kematian, seperti yang dialami oleh Nancy Hanks, ibunda Abraham Lincoln, Presiden Amerika.


4. Rosary Pea : Abrus precatorius


Kingdom : Plantae
(unranked) : Angiosperms
Order : Fabales
Family : Fabaceae
Genus : Abrus
Species : Abrus precatorius


Racun tanaman Rosary Pea terletak pada bijinya yang mengandung lectin khusus atau abrin. Warnanya yang merah mencolok dengan noktah hitam di tengah memang menjadi daya tarik tersendiri bagi tanaman ini. Namun, begitu dimakan, racunnya akan bekerja dengan cepat. Diawali dengan perut terasa mual, tubuh kejang-kejang sambil mulut mengeluarkan busa dan badan terasa demam. Bila tidak segera diobati, racunnya akan menyerang Ginjal, Retina dan Kantung Kemih. Click here for more info about Rosary Pea.


5. English Yew (Cemara Inggris) : Taxus baccata


Kingdom : Plantae
Division : Pinophyta
Class : Pinopsida
Order : Pinales
Family : Taxaceae
Genus : Taxus
Species : Taxus baccata


English Yew atau Cemara Inggris (Taxus baccata) adalah salah satu pohon yang sangat mematikan di muka bumi ini. Pohon yang hijau rimbun ini umum ditemukan di eropa, kalau di film itu biasanya tumbuh di sekitar kastil-kastil kerajaan eropa, Inggris khususnya. Oleh para ilmuwan, cemara ini dianggap sebagai pohon aneh. Seluruh bagiannya sangat beracun, kecuali kulit buahnya. Karena memabukkan dan menyebabkan kelumpuhan, racunnya pernah digunakan untuk proses aborsi dan sering berakhir dengan kematian. Racun utamanya adalah taxine (pemicu serangan jantung). Racunnya bereaksi dengan cepat dan tidak ada penawarnya. Click here for more info about Taxus baccata.




6. Strychnine Tree : Strychnos nux-vomica L.


Kingdom : Plantae
(unranked) : Angiosperms
Order : Gentianales
Family : Loganiaceae
Genus : Strychnos
Species : Strychnos nux-vomica L.


Biji buah pohon Strychnine mengandung Brucine dan Strychnine yang sangat mematikan. Orang yang memakannya akan merasa sesak napas seperti tercekik dengan rasa sakit luar biasa. Cleopatra, Ratu Mesir yang terkenal kecantikkannya itu, diketahui pernah menyuruh pelayannya sendiri untuk mencoba keampuhan racun biji Strychnine ini sebelum ia sendiri yang mencobanya. Namun setelah melihat pelayannya terlihat begitu menderita menjelang ajal, ia mengurungkan niatnya untuk bunuh diri dengan biji buah Strychnine ini, ia lebih memilih menggunakan ular berbisa. Click here for more info about Strychnine tree.



Strychnine Poisoning 


7. Oleander : Nerium oleander


Kingdom : Plantae
Division : Magnoliophyta
Class : Magnoliopsida
Order : Gentianales
Family : Apocynaceae
Genus : Nerium
Species : Nerium oleander


Oleander merupakan tanaman hias yang bisa kita temui hampir dimana saja. Namun siapa yang menyangka, bahwa tanaman yang nampaknya indah dipandang mata ini, merupakan tumbuh-tumbuhan yang amat beracun dan mematikan, mulai dari daun, bunga, biji buah, dahan dan tangkai sampai ke getah batang pohonnya. Pokoknya, seluruh bagian dari tanaman Oleander ini beracun, bukan saja untuk manusia, tetapi juga untuk binatang peliharaan (kucing dan anjing) dan hewan ternak (kambing, sapi, kuda). Ada beberapa komponen racun yang terkandung pada tanaman oleander ini diantaranya oleandrin dan neriine yang masuk golongan cardiac glycoside, suatu zat yang menyebabkan perlambatan denyut jantung dan gagal jantung. Kulit batang pohon (bark) Oleander ini mengandung zat racun rosagenin yang memiliki daya kerja seperti strychnine. Anak-anak yang gemar memetik daun atau bunga dan mengisap-isap atau mengunyahnya, adalah mahluk yang paling beresiko mengalami keracunan. Satu lembar saja dari daun Oleander yang dimakan oleh balita dapat berakibat fatal (mematikan). Gejala keracunan segera akan timbul segera setelah memakan bagian dari tanaman Oleander, diantaranya mual dan muntah, sakit perut dan diare, mata menjadi kabur, denyut jantung melambat, koma dan akhirnya kematian.

8. Monkshood : Aconitum napellus









Kingdom : Plantae
Division : Magnoliophyta
Class : Magnoliopsida
Order : Ranunculales
Family : Ranunculaceae
Genus : Aconitum
Species : Aconitum napellus


Tanaman disebut juga wolfsbane karena sering digunakan oleh para petani untuk membasmi serangga. Tanaman ini dalam cerita-cerita fiksi digunakan untuk mendeteksi manusia srigala. Tanaman ini disebut juga sebagai “tanaman arsenik “ dan pada zaman dahulu digunakan sebagai racun untuk mencemari pasokan air musuh. Racun yang dikandung dalam tumbuhan ini disebut alkaloid pseudaconitine, yang digunakan oleh orang-orang Ainu Jepang digunakan pada ujung panah mereka sebagai racun untuk berburu. Monkshood dapat ditemukan tumbuh di seluruh Eropa dan Amerika Serikat. Karena semua bagian tanaman beracun, maka penanganannyapun ekstra hati-hati. Kontak dengan kulit dapat menyebabkan mati rasa sementara dan anak-anak yang memegang umbi untuk jangka waktu yang panjang dapat menyerap alkaloid beracun dan mati. Menelan atau penyerapan tanaman dapat menyebabkan gejala jantung dan kelumpuhan. Jika tertelan, gejala meliputi terbakar pada tungkai dan perut. Dalam kasus dosis besar, kematian dapat terjadi dalam 2-6 jam dan 20ml cukup untuk membunuh manusia dewasa.


9. Rhododendron : Rhododendron L.


Kingdom : Plantae

Division : Magnoliophyta
Class : Magnoliopsida
Order : Ericales
Family : Ericaceae
Genus : Rhododendron
Rhododendron berupa semak rimbun seperti pohon bercabang dengan bunga-bunga yang besar dan mecolok mata, seringkali terlihat di daerah Pacifi Northwest dan merupakan bunga resmi negara bagian Washington. Rhododendron ditanam secara komersial di banyak daerah untuk dijual, dan kadang-kadang dikumpulkan di alam liar.
Yang mirip dengannya, tanaman azalea yang populer juga beracun. Keduanya mengandung andromedatoxin, yang dapat menyebabkan beberapa rasa sakit, kelesuan, depresi, mual dan muntah, kelumpuhan progresif, koma, dan akhirnya kematian.Semua bagian tanaman ini beracun. 






Serbuk sari dan nektar tanaman hododendron dan bunga azalea mengandung grayanotoxin yang berbahaya bagi binatang dan manusia karena dapat menyebabkan halusinasi. Click here for more info about Rhododendron.






10. Daphne / Spurge Laurel : Daphne odora

Kingdom : Plantae
Division : Magnoliophyta
Order : Malvales
Family : Thymelaeaceae
Genus : Daphne
Species : Daphne odora

Daphne atau sering disebut juga spurge laurel adalah tanaman jenis semak yang banyak terdapat di Eropa. Tanaman ini memiliki bi bunga dan daun menarik. Bunga tanaman ini memiliki wangi yang khas, namun banyak mengandung racun jenis mezerin. Cabang, daun, bunga dan bahkan mungkin madu terbuat dari nektar tanaman ini beracun.

Dengan mengkonsumsi daun-daunnya atau buah-buah merah dan kuningnya akan menyebabkan pembengkakan bibir dan lidah, rasa haus, kesulitan menelan, pendarahan, mual, muntah, diare, lemah, dan koma, lalu kematian.
Daphne Odora terdiri dari beberapa jenis antara lain Daphne napolitanaDaphne collinaDaphne mezereum, Daphne “Lawrence Crocker”, Daphne “Burkwoodii”, Daphne “Carol Mackie”, Daphne “Fragrance Abadi”, Daphne “Es Summer”, Daphne retusaDaphne bholua dan Daphne odora yang memiliki bunga putih.
11. Choke Cherry : Prunus virginiana

Kingdom : Plantae
(unranked) : Angiosperms
Order : Rosales
Family : Rosaceae
Genus : Prunus
Species : Prunus virginiana

Chokecherry atau Prunus virginiana merupakan tanaman asli Amerika Utara. Buah tanaman ini berdiameter sekitar 1 cm dengan warna ungu kehitaman. Sekilas terlihat seperti buah anggur atau cherry yang memang umum dikonsumsi. Namun, ternyata tanaman ini mengandung Hydrocyanic Acid yang berbahaya bagi kesehatan ternak. Hewan yang mengkonsumsi buah ini dalam jumlah besar bisa mati dalam waktu 60 menit. Click here for more info about Choke Cherry.


13. Angel's Trumpet : Brugmansia sp


Kingdom : Plantae

(unranked) : Angiosperms
Order : Solanales
Family : Solanaceae
Genus : Brugmansia

Angel’s trumpet atau terompet malaikat atau disebut juga bunga terompet karena bentuknya yang menyerupai terompet. Bunga terompet mengandung zat hallucinogen,yakni zat yang dapat menyebabkan seseoarang mengalami halusinasi. Karena hal inilah bunga terompet termasuk salah satu NARKOTIKA. Kandungan aktifnya dalam bunga terompet adalah atropinehyoscyamine dan scopolamine yang diklasifikasikan sebagai zat penghilang kesadaran atau anticholinergics.
Tanaman ini kadang-kadang dibuat menjadi teh dan dicerna sebagai obat halusinogen. Tingkat toksisitas yang bervariasi tergantung lokasi tanaman, dan bagian ke bagian, hampir tidak mungkin untuk mengetahui berapa banyak racun yang Anda telan. Karena hal inilah banyak pengguna yang overdosis dan meninggal. Click here for more info about Angel's Trumpet.



Source : various sources / berbagai sumber
- Adamx -

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...