Monday, April 23, 2012

Sharks (Hiu)

Hiu (english : Sharks) adalah sekelompok (superordo Selachimorpha) ikan dengan kerangka tulang rawan yang lengkap dan tubuh yang ramping. Mereka bernapas dengan menggunakan lima liang insang (kadang-kadang enam atau tujuh, tergantung pada spesiesnya) di samping, atau dimulai sedikit di belakang, kepalanya. Hiu mempunyai tubuh yang dilapisi kulit dermal denticles untuk melindungi kulit mereka dari kerusakan, dari parasit, dan untuk menambah dinamika air. Mereka mempunyai beberapa deret gigi yang dapat digantikan. (Wikipedia)


Hiu mencakup spesies yang berukuran sebesar telapak tangan. Hiu pigmi, Euprotomicrus bispinatus, sebuah spesies dari laut dalam yang panjangnya hanya 22 cm, hingga hiu paus, Rhincodon typus, ikan terbesar yang mampu tumbuh hingga sekitar 12 meter dan yang, seperti ikan paus, hanya memakan plankton melalui alat penyaring di mulutnya. Hiu banteng, Carcharhinus leucas, adalah yang paling terkenal dari beberapa spesies yang berenang di air laut maupun air tawar (jenis ini ditemukan di Danau Nikaragua, di Amerika Tengah) dan di delta-delta.

SCIENTIFIC CLASSIFICATION
Kingdom : Animalia
Phylum : Chordata
Sub Phylum : Vertebrata
Class : Chondrichthyes
Sub Class : Elasmobranchii
Super Order : Selachimorpha
Ordo :
  • Charcarhiniformes
  • Heterodontiformes
  • Hexanchiformes
  • Lamniformes
  • Orectolobiformes
  • Pristiophoriformes
  • Squaliformes
  • Squatiniformes


MORPHOLOGY



SKELETAL SYSTEM
Kerangka hiu sangat berbeda dibandingkan dengan ikan-ikan bertulang lainnya seperti misalnya ikan kod, karena terbuat dari tulang muda (tulang rawan), yang sangat ringan dan lentur, meskipun tulang muda di ikan-ikan hiu yang lebih tua kadang-kadang sebagian bisa mengapur, sehingga membuatnya lebih keras dan lebih seperti tulang. Rahang hiu beraneka ragam dan diduga telah berevolusi dari rongga insang yang pertama. Rahang ini tidak melekat pada cranium dan mempunyai deposit mineral tambahan yang memberikannya kekuatan yang lebih besar.
english :
The skeleton of sharks is made of cartilage. This cartilage may proof important in cancer research because an agent they found in the cartilage inhibits tumor growth. This was suspected when they found out that sharks does not get cancer so easily. The sharks cranium is a single cartiligous block which encloses the brain, olfactory system and auditory capsules. The jaws are loosely attached to the cranium.


ANATOMY


DIGESTIVE SYSTEM
The shark short and wide esophagus ending in u-shaped stomach. In may species this leads to a spiral valve which is twited and turned to increas absorption area. After the valve the digestive tract leads to the rectum and the cloaca. The cloaca is a common opening for the urinary, digestive and reproductive system.

CARDIOVASCULAR SYSTEM
A shark has a two-chambered s-shaped heart and the blood flows from the heart to the gills and then to the rest of the body. Fast swimming sharks have body temperature slightly higher than the surrounding water. This is due to increased muscle activity. Sharks also have low blood pressure and to maintain blood flow the shark must move its muscles to circulate the blood.

REFERENCES


___________. Hiu. Downloaded from http://id.wikipedia.org/ (April 23, 2012)


___________. Sharks. Downloaded from http://en.wikipedia.org/ (April 23, 2012)


___________. Sharks: Anatomy. Downloaded from http://www.delportdupreez.co.za/ (April 23, 2012) 

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...