Wednesday, November 28, 2012

AWESOME FACTS ABOUT DNA

Pernah dengar tentang DNA? bagi anda yang sudah lulus SMA atau yang sedang menempuh pendidikan di SMA (jurusan IPA khususnya) atau mungkin yang sedang 'iseng-iseng' belajar biologi pasti tidak asing dengan hal yang satu ini.

What is DNA?
DNA (english: Deoxyribonucleic Acid) merupakan materi genetik, zat yang kita kenal sebagai gen. Struktur DNA tersusun atas gugus phosphate, gula deoksiribosa dan basa nitrogen (purin dan pirimidin). DNA mengandung semua informasi yang dibutuhkan untuk membentuk kehidupan. James Watson, salah satu penemu DNA double helix mengatakan "there is no subtance as important as DNA", kalimat tersebut menggambarkan betapa pentingnya DNA bagi kehidupan. Well, these are some awesome facts about DNA, here they are :

1. DNA mengandung kode-kode genetik dalam bentuk molekul basa nitrogen dan biasa disingkat dengan huruf : A T C G (adenine, thymine, cytosin, guanine). Nukleus dari setiap sel manusia memiliki tiga miliar (3,000,000,000) kode-kode ini.

source : www.ict4us.com

2. Massa DNA hanya 1/200,000,000,000 gram (satu per dua ratus miliar gram) dan lebar hanya 1/500,000 milimeter (satu per lima ratus ribu milimeter). Materi sekecil ini memiliki peranan yang begitu penting bagi kehidupan.

3. DNA dari seluruh populasi dunia yang berjumlah sekitar 6 miliar orang jika dikumpulkan maka beratnya hanya akan seberat satu butir beras dan jika direntangkan akan mencapai panjang 18,000,000 kilometer, kurang lebih 50 kali lebih panjang dari jarak bumi ke bulan yang hanya sekitar 380,000 kilometer.


4. Diameter DNA 5000 kali lebih kecil dari seuntai kawat berdiameter 1 milimeter yang diiris memanjang menjadi satu per seratus bagian. 

5. Sel darah merah tidak memiliki DNA karena tidak memiliki nukleus (inti sel). Salah sumber yang saya baca mengatakan :

"Although blood is an excellent source of DNA, the DNA does not come from the red blood cells, as these cells have no nuclei. Rather, the DNA comes chiefly from white blood cells in the blood." -www.biology.arizona.edu

Meskipun darah merupakan sumber DNA yang baik terutama dari sel darah putih (leukocyte), tetapi tidak untuk sel darah merah (erythrocyte) karena sel darah merah tidak memiliki inti sel.

6. SNP (single nucleotide polymorphism) adalah mutasi yang terjadi terhadap satu pasang basa DNA. Tergantung pada lokasinya, mutasi ini bisa tidak berpengaruh apa-apa atau malah menyebabkan perubahan secara fisik (misalnya warna mata, warna rambut), meningkatkan imunitas, meningkatkan resistensi terhadap penyakit (misalnya diabetes) atau bahkan penyakit genetik seperti Cystic Fibrosis (sciencebiotech.net).

special thanks to :
my lecture, Dr. YO who gave me an ebook The Divine Message of the DNA by Kazuo Murakami, Ph.D.

and other various sources

6 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...