Friday, October 19, 2012

CELLULAR RESPIRATION (RESPIRASI SEL) - BIOCHEMISTRY

Cellular respiration atau respirasi sel secara sederhana dapat diartikan sebagai perombakan glukosa menjadi energy. Diawali dengan 1 molekul Glukosa dan 6 molekul Oksigen, melalui respirasi sel dan menghasilkan 6 molekul Karbondioksida, 6 molekul Air dan 38 ATP (Adenosin Trifosfat), dalam bentuk 38 ATP inilah energi yang nantinya akan kita gunakan untuk melakukan kegiatan sehari-hari maupun untuk metabolisme-metabolisme seluler di dalam tubuh. Ada 3 proses dalam respirasi sel, yakni :

1. Glycolysis (Glikolisis) terjadi secara anaerobic,
2. Kreb's Cycle (Siklus Kreb) terjadi secara aerobic, dan
3. Electron Transport Chain (Sistem Transpor Elektron) terjadi secara aerobic.



Pada proses awal ini, 1 molekul glukosa (C6H12O6) dipecah atau diuraikan menjadi 2 molekul asam piruvat (CH3COCOOH) dan menghasilkan 4 ATP serta 2 NADH. Namun jumlah ATP bersih yang dihasilkan dari proses glikolisis ini hanya 2 ATP, karena 2 dari 4 ATP yang dihasilkan akan digunakan kembali dalam proses glikolisis selanjutnya. Click here for more about Glycolysis!

Oxidative Decarboxylation of Pyruvate
Sebelum masuk ke siklus krebs atau siklus asam sitrat, piruvat dioksidasi menjadi Acetyl-CoA dan CO2 oleh pyruvate dehydrogenase complex (PDC). PDC mengandung banyak salinan dari tiga enzim (pyruvate dehydrogenase, dihydrolipoyl transacetylase, dehydrolipoyl dehydrogenase), berada di mitokondria pada sel eukariotik dan di sitosol pada sel prokariotik. Pada proses pengubahan piruvat menjadi Acetyl-CoA, satu molekul NADH dan satu molekul CO2 terbentuk. Click here for more about Oxidative Decarboxylation of Pyruvate !

Saat tersedianya Oksigen, asam piruvat (CH3COCOOH) yang dihasilkan dari proses Glikolisis melalui Dekarboksilasi Oksidatif menghasilkan acetyl-CoA dengan bantuan enzim piruvate dehydrogenase complex (PDC). Acetyl-CoA inilah yang nantinya akan diproses menjadi Asam Sitrat dan menghasilkan 6 NADH, 2 FADH2 dan 2 ATP. Click here for more info about KREBS CYCLE!

Electron Transport System atau Sistem Transpor Elektron merupakan proses akhir dalam respirasi sel setelah Glikolisis dan Siklus Kreb. Proses ini juga biasa dikenal sebagai proses Oxydative Phosphorylation (Fosforilasi Oksidatif). Hasil akhir dari sistem transpor elektron ini adalah 34 ATP dan 6 molekul air (H2O). Click here for more info about Electron Transport System !


Cellular Respiration

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...