Friday, June 14, 2013

OXIDATIVE DECARBOXYLATION OF PYRUVATE (DEKARBOKSILASI OKSIDATIF PIRUVAT)

Setelah glikolisis, pada proses repirasi sel (cellular respiration), ada dua kemungkinan yang akan terjadi. Kemungkinan yang pertama, bila TIDAK tersedia oksigen (O2) hasil dari glikolisis yang berupa Asam Piruvat (CH3COCOOH) akan mengalami yang namanya fermentasi. Kemungkinan yang kedua, bila tersedia oksigen (O2) maka Piruvat akan  diubah menjadi Acetyl-CoA melalui proses yang disebut dekarboksilasi oksidatif (oxidative decarboxylation of pyruvate).
Pada artikel ini, kita akan membahas tentang kemungkinan yang kedua, yakni Dekarboksilasi oksidatif (Oxidative Decarboxylation of Pyruvate). Untuk yang fermentasi akan kita pada artikel berikutnya.





OXIDATIVE DECARBOXYLATION OF PYRUVATE
Dekarboksilasi oksidatif piruvat (english: oxidative decarboxylation of pyruvate; pyruvate decarboxylation; Swanson conversion), proses ini juga terkadang disebut sebagai link reaction karena dianggap sebagai penghubung antara glikolisis dan siklus asam sitrat. Pada dekarboksilasi oksidatif, piruvat dioksidasi menjadi Acetyl-CoA oleh pyruvate dehydrogenase complex (PDC), melapaskan NADH dan CO2 .


Prekursor : Pyruvate, pyruvate dehydrogenase complex (PDC), Oxygen.

THE PROCESS

Step A
Piruvat diderkarbosilasi (decarboxylated) oleh pyruvate dehydrogenase (E1) dengan bantuan thiamine phosphate (TPP).

Step B
Karbon (C) reaktif atau reactive carbon (antara N dan S) pada thiamine phosphate (TPP) dioksidasi dan ditransfer sebagai gugus acetyl ke lipoamide (lipoamide merupakan gugus prostetik dari dihydrolipoyl transacetylase). Pada step ini terbentuk Hydroxyethyl-TPP dan ion H+ dibutuhkan untuk melepaskan CO2.

Step C
E2 (dihydrolipoyl transacetylase dengan kofaktor lipoamide) mengoksidasi hydroxyethyl- menjadi acetyl-, kemudian mentransfer acetyl- ke CoA (koenzim A) untuk membentuk Acetyl-CoA.

Step D
Meskipun Acetyl-CoA telah terbentuk pada step sebelumnya, namun proses ini masih belum selesai. E2 masih menempel pada molekul Acetyl-CoA, di sinilah peran dihydrolipoyl dehydrogenase (E3) mengoksidasi gugus thiol dari dihydrolipoamide kembali menjadi lipoamide.

Step E
Sebagai reaksi sampingan, NAD+ direduksi menjadi NADH.


To Summaries
1. Piruvat didekarboksilasi (decarboxylated)
2. CoA ditambahkan untuk membentuk Acetyl-CoA
3. Acetyl-CoA yang terbentuk siap digunakan untuk Siklus Asam Sitrat atau Siklus Krebs (Citric Acid Cycle).

Want more about Oxidative Decarboxylation of Pyruvate? click HEREHERE, HERE, HERE and HERE 


  Glycolysis (anaerobic)

  Oxidative Decarboxylation of Pyruvate


2 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...