Friday, May 18, 2012

Central Park, The Heart of the Island at the Center of the World

Di tengah Kota New York yang penuh dengan gedung-gedung pencakar langit, terdapat taman kota  yang jauh dari kesan kota metropolitan yang padat dan sesak. Bagaikan oasis di gurun pasir, keberadaan taman ini melepas rasa dahaga akan suasana yang hijau dan asri.
Central Park, begitulah orang-orang menyebut taman ini. Taman umum yang berlokasi di pusat kota Manhattan, New York City, New York, Amerika Serikat ini awalnya dibuka pada tahun 1857, di atas lahan seluas 341 ha.
Pada 1858, seorang desainer lanskap dan penulis Frederick Law Olmsted dan arsitek asal Inggris Calvert Vaux memenangkan kompetisi desain untuk mengembangkan dan memperluas Central Park. Konstruksi dimulai pada tahun yang sama, terus berlangsung selama perang saudara di Amerika pada saat itu dan selesai pada tahun 1873. Saat ini, Central Park dikelola oleh Central Park Conservancy di bawah kontrak dengan pemerintah kota. 


image source : wikipedia
Central Park dibatasi di sebelah utara oleh West 110 Street, di selatan oleh West 59th Street, dan di sebelah barat oleh Eighth Avenue.  Sepanjang perbatasan taman, jalan-jalan ini masing-masing dikenal dengan Central Park North, Central Park South, dan Central Park West. Hanya Fifth Avenue di sebelah timur yang mempertahankan namanya tanpa 'embel-embel' Central Park.

CENTRAL PARK
Type : Urban Park
Location : Manhattan in New York City, New York, United States
Area : 843 acres (341 ha)
Created : 1857
Operated by : Central Park Conservancy
Status : open all year
Architect : Frederick Law Olmsted and Calvert Vaux


FAUNA OF CENTRAL PARK
Birds
Daftar resmi species-species burung yang diobservasi di Central Park pertama kali dibuat oleh Augustus J. Paine Jr.. Paine adalah seorang ahli burung dan bersama temannya Lewis B. Woodruff, menyusun lebih dari 100 species burung dalam daftar yang mereka buat. Lebih dari satu dekade daftar tersebut sudah diubah dan diperbarui.
Taman ini menjadi tempat singgah bagi species-species burung yang bermigrasi selama musim semi dan musim gugur. Lebih dari seperempat dari semua species burung yang ada di Amerika Serikat terlihat di Central Park. Salah satu dari species-species burung itu adalah Red-tailed Hawk (Buteo jamaicensis).


Mammals
1. Raccoon (Procyon lotor)
2. Eastern Gray Squirrel or Grey Squirrel (Sciurus carolinensis)
3. Eastern Chipmunk (Tamias striatus)
4. Virginia Opossum (Didelphis virginiana)


Arthropods
Pada tahun 2002, ditemukan genus dan species baru kelabang di Central Park, yakni Nannarrup hoffmani. Panjangnya sekitar 10 mm, merupakan salah satu species kelabang terkecil di dunia.



Red-tailed Hawk (Buteo jamaicensis)

FLORA OF CENTRAL PARK
Lebih dari 25,000 species tumbuhan hidup di Central Park, sekitar 1,700 species merupakan American Elm.


Bracts of Flowering Dogwood, an understory tree native to Central Park


THE VIEW


image source : Wikipedia

The Reservoir (image source : Wikipedia)

Central Park in 2004 (image source : Wikipedia)

image source : Wikipedia

image source : Wikipedia

image source : Wikipedia

Someday, I'll be there :)

REFERENCES

___________. Central Park. Downloaded from http://en.wikipedia.org/ on May 18, 2012.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...