Monday, May 21, 2012

Indonesian Fauna Facts (Fakta Fauna Indonesia)

Image : Bornean Rainforest (animalplantsrainforest.blogspot.com)
Indonesia terkenal akan keanekaragaman hayati yang luar biasa (great biodiversity). Terdapat 50 taman nasional yang tersebar di Sumatera, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua. Diperkirakan 300,000 species hewan mendiami alam Indonesia, setara dengan 17% dari keseluruhan species hewan yang ada di Bumi. Indonesia memiliki 515 species mammalia (lebih banyak dari negara-negara lain), 1,539 species burung dan 50% dari semua species ikan di Bumi dapat ditemukan di perairan laut dan air tawar Indonesia. International Union for Conservation of Nature (IUCN, 2003) mendata 147 species mammalia, 114 species burung dan 91 species ikan yang ada di Indonesia sudah terancam punah.

Perdagangan satwa liar merupakan ancaman yang serius bagi kelangsungan hidup banyak species di Indonesia. Lebih dari 95% satwa yang dijual di pasar diambil langsung dari habitatnya, bukan merupakan hasil penangkaran dan lebih dari 20%-nya mati dalam perjalanan. Ironis memang, species yang terancam punah dan dilindungi diperjualbelikan dengan bebas.

OTHER FACTS

Pada 1999, sekitar 27,000 penyu dibunuh setiap tahunnya untuk dijadikan sate di Bali dan cangkangnya digunakan untuk membuat ornamen dan cendera mata murah bagi wisatawan. 





Setiap tahun, 1,000 Orangutan Kalimantan (Pongo pygmaeus) diselundupkan ke pulau Jawa dan luar negeri. Untuk mengambil bayi orangutan, pemburu akan membunuh induknya terlebih dahulu. Setidaknya satu orangutan mati untuk setiap bayi orangutan yang diambil.


Sekitar 2,500 Lutung Jawa atau Javanese Ebony Langur (Trachypithecus auratus) diburu setiap tahunnya untuk perdagangan satwa ilegal dan untuk diambil dagingnya.







Setidaknya 3,000 siamang (Gibbons) diburu setiap tahun untuk perdagangan satwa liar dalam negeri yang akan diselundupkan ke luar negeri.








40% hewan liar yang terperangkap mati sebagai akibat dari kekejaman selama mereka ditangkap dan perderitaan karena kandang yang sempit serta makanan dan air yang kurang layak.

60% hewan yang diperdagangkan di pasar satwa liar merupakan species langka dan dilindungi oleh hukum.

70% hewan yang dipelihara sebagai hewan peliharaan menderita masalah fisik dan perilaku


Ironis bukan? 
STOP BIODIVERSITY LOSS!
SAVE OUR SPECIES :)

REFERENCES

___________. Facts About Indonesian Animals. Downloaded from http://www.profauna.org/ on May 22, 2012.

___________. Gibbon. Downloaded from http://en.wikipedia.org/ on May 22, 2012.

___________. Javan Lutung. Downloaded from http://en.wikipedia.org/ on May 22, 2012.

___________. Bornean Orangutan. Downloaded from http://en.wikipedia.org/ on May 22, 2012.

___________. Turtle. Downloaded from http://en.wikipedia.org/ on May 22, 2012.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...