Wednesday, May 16, 2012

10 MOST AMAZING SHARKS (10 HIU PALING WOW)

Hiu (sharks) merupakan kelompok ikan yang memiliki keanekaragaman jenis yang tinggi. Lebih dari 400 species hiu yang ada di lautan dengan bentuk, ukuran dan bahkan warna yang berbeda. Whale Shark atau Hiu Paus (Rhincodon typus) merupakan species hiu terbesar, yang mana dipercaya dapat mencapai panjang 59 kaki. Berikut 10 hiu paling 'wow' dengan bentuk yang tidak biasa :



1. HAMMERHEAD SHARKS (HIU MARTIL)


The Hammerhead Shark adalah kelompok hiu dari family Sphyrnidae. Dinamakan Hammerhead (Kepala Martil) karena bentuk kepalanya yang tidak biasa, yakni seperti martil. The Great Hammerhead Shark (Sphyrna mokarran) merupakan satu-satunya spesies hiu yang melakukan fertilisasi internal, species ini juga bisa bereproduksi secara aseksual dengan cara Partenogenesis.

2. GOBLIN SHARKS


Goblin Shark (Mitsukurina owstoni) adalah hiu laut dalam dan merupakan satu-satunya spesies hiu yang hidup dari family Mitsukurinidae. Karakteristik yang paling khas adalah bentuk kepala yang tidak biasa. Dari namanya saja sudah mewakili bentuknya yang menyeramkan. IUCN REDLIST STATUS : Least Concern (LC).

3. THRESHER SHARKS


Thresher Shark adalah kelompok hiu dari family Alopiidae, dapat ditemukan di semua lautan beriklim tropis dunia. Ada 3 species Thresher Shark, yakni Alopia pelagicus (Pelagic Thresher), Alopia superciliosus (Bigeye Thresher) dan Alopias vulpinus (Common Thresher). Hiu ini memiliki ekor yang panjang dan dapat mencapai 20 kaki. 

4. FRILLED SHARKS


Frilled Shark (Chlamydoselachus anguineus) adalah satu dari dua species hiu family Chlamydoselachidae yang masih hidup. Sekilas bentuk kepalanya mirip seperti 'belut'. Karakteristik yang khas dari hiu ini selain bentuk morfologisnya adalah susunan dan bentuk giginya yang tidak biasa.Hiu ini juga tidak memiliki sirip punggung (Dorsal Fin) yang biasanya menjadi ciri khas ikan hiu. IUCN REDLIST STATUS : Near Threatened (NT). 

5. SPINED PYGMY SHARKS


Spined Pygmy Shark (Squaliolus laticaudus) merupakan species dogfish shark dalam family Dalatiidae. Dapat ditemukan di seluruh lautan. Panjang maksimumnya hanya dapat mencapai 28 cm (11inch), satu dari species-species hiu terkecil di lautan. IUCN REDLIST STATUS : Least Concern (LC)

6. WHITE WHALE SHARKS

(images via: Daily Mail UK)

Albino dapat ditemukan hampir pada semua species hewan,tak terkecuali pada hiu. Albino Whale Shark ini ditemukan di pantai kepulauan galapagos pada Agustus 2008. Whale Shark (Rhincodon typus) dapat mencapai panjang 50 - 60 kaki dan beratnya sampai 10 ton. IUCN REDLIST STATUS : Vulnerable (VU)

7. SAW SHARKS


Saw shark (order : Pristiophoriformes) berbeda dengan sawfish (order : Pritiformes). Insang pada saw shark terletak pada kedua sisi lehernya seperti hiu lain, sedangkan sawfish memiliki insang yang terletak di bawah tubuhnya seperti ikan pari (rays). 

8. GREENLAND SHARKS

(images via: Fish IndexLAPR and Greenland Guide)

Greenland Shark (Somniosus microcephalus) atau juga dikenal dengan nama Sleeper Shark, Gurry Shark, Ground Shark, Grey Shark. Merupakan species hiu dari family Somniosidae, dapat ditemukan di Samudera Atlantik utara, termasuk Greenland dan Iceland (Islandia). Tubuh hiu ini dapat mencapai panjang 6.4 - 7.3 m dan berat 1000 - 1400 kg. IUCN REDLIST STATUS : Near Threatened (NT)

9. MEGAMOUTH SHARKS

(images via: FMNH)

Megamouth Shark (Megachasma pelagios) merupakan species hiu dari family Megachasmidae. Sejak penemuan tahun 1976, hanya beberapa megamouth shark saja yang diketahui. IUCN REDLIST STATUS : Data Deficient (DD)

10. PORT JACKSON SHARKS


Port Jackson Shark (Heterodontus portusjacksoni) merupakan species endemic perairan Australia. Hiu ini termasuk ke dalam family Heterodontidae. Port Jackson Shark dapat tumbuh sampai mecapai 1.67 m (5.5 kaki). IUCN REDLIST STATUS : Least Concern (LC)


11. WHORL-TOOTH SHARKS (HELICOPRION)



Kalau kita searching di google dengan keyword (kata kunci) 10 Most Amazing Sharks atau 10 Most Unique Sharks atau mungkin 10 Hiu Paling Unik atau sejenisnya,   hampir semua sumber menyuguhkan kita dengan gambar Whorl-tooth Sharks (Helicoprion) ini. Helicoprion adalah genus hiu yang hidup sekitar 280 juta tahun lalu pada zaman karbon. 

Helicoprion bessonovi

Indah bukan keanekaragaman hiu di atas? :)
STOP BIODIVERSITY LOSS!
SAVE OUR SPECIES :)

REFERENCES :

____________. The 10 Most Amazing Bizarre Sharks. Downloaded from http://webecoist.momtastic.com/ on May 17, 2012.

____________. Frilled Shark. Downloaded from http://en.wikipedia.org/ on May 17, 2012.

____________. Goblin Shark. Downloaded from http://en.wikipedia.org/ on May 17 2012.

____________. Greenland Shark. Downloaded from http://en.wikipedia.org/ on May 17, 2012.

____________. Hammerhead Shark. Downloaded from http://en.wikipedia.org/ on May 17, 2012.

____________. Helicoprion. Downloaded from http://en.wikipedia.org/ on May 17, 2012.

____________. Megamouth Shark. Downloaded from http://en.wikipedia.org/ on May 17, 2012.

____________. Port Jackson Shark. Downloaded from http://en.wikipedia.org/ on May 17, 2012.

____________. Saw Shark. Downloaded from http://en.wikipedia.org/ on May 17, 2012.

____________. Spined Pygmy Shark. Downloaded from http://en.wikipedia.org/ on May 17, 2012.

____________. Thresher Shark. Downloaded from http://en.wikipedia.org/ on May 17, 2012.

____________. Whale Shark. Downloaded from http://en.wikipedia.org/ on May 17, 2012.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...