Friday, May 11, 2012

Black Woodpecker (Dryocopus martius)

Materi Presentasi Zoologi Vertebrata IV Birds
IUCN REDLIST STATUS : Least Concern (LC)
The Black Woodpecker (Dryocopus martius) adalah burung Woodpecker terbesar di daerah penyebaran geografisnya.  Ukuran tubuhnya seukuran burung gagak, kira-kira 50 cm. Species ini memiliki hubungan kekerabatan yang dekat dengan Pileated Woodpecker (Dryocopus pileatus) dari Amerika Utara (North America).




SCIENTIFIC CLASSIFICATION
Kingdom : Animalia
Phylum : Chordata
Sub Phylum : Vertebrata
Class : Aves
Order : Piciformes
Family : Picidae
Genus : Dryocopus
Species : Dryocopus martius


Size : 45 - 55 cm
Wingspan : 70 - 84 cm
Weight : 250 - 370 g

DESCRIPTION
Black Woodpecker, berwarna hitam 'mengkilat' (glossy black) di seluruh tubuhnya kecuali sebagian bulu di bagian atas kepalanya yang berwarna merah seperti 'mahkota'. Black Woodpecker memiliki kaki Zygodactyl, dengan 2 jari kaki mengarah ke depan dan 2 jari kaki lainnya mengarah ke belakang. Dengan kaki zygodactyl ini, black woodpecker dapat bertengger di permukaan vertikal pohon, mereka juga merupakan pemanjat yang ahli. Selain kaki Zygodactyl, bulu ekor black woodpecker yang kaku dan kuat juga dapat membantu bersandar saat mereka bertengger di permukaan pohon yang vertikal tersebut.





Black Woodpecker jantan dan betina cukup sulit untuk dibedakan, perbedaan  yang paling signifikan di antara keduanya adalah ‘mahkota’ merah di kepalannya, di mana ‘mahkota’ black woodpecker jantan berwarna merah dari dahi sampai bagian belakang kepalanya dan ‘mahkota’ black woodpecker betina hanya di bagian belakang kepalanya yang berwarna merah.



Paruh black woodpecker kuat dan tajam seperti ‘pahat’, sebagaimana mereka gunakan untuk mematuk batang pohon yang keras. Black Woodpecker juga memiliki lidah yang panjang dan silindris protractile seperti Chameleons (ukuran lidah terpanjang di kelas Aves). Ujungnya lengket dan tertutupi rambut tajam, befungsi untuk ‘menusuk’ dan ‘menarik’ serangga masuk ke dalam mulutnya.

Black Woodpecker's Zygodactyl Foot

Woodpecker's Tounge

GEOGRAPHICAL DISTRIBUTION AND HABITAT
Daerah penyebaran geografis Black Woodpecker mulai dari Timur Prancis (France) melewati seluruh Eropa, termasuk United Kingdom (UK), Northern Scandinavia, Spanyol (Spain), Itali (Italy) dan Portugal. Di Asia Black Woodpecker dapat ditemukan di Korea, Jepang, China sampai ke Timur Tengah, termasuk Iran dan Kazakhstan.  




Habitat Black Woodpecker biasanya di daerah hutan pada ketinggian di antara 100 sampai 2,400 meter. Black Woodpecker tersebar luas melalui pegunungan dan hutan dataran rendah.


Wild Scandinavian Forest

REFERENCES

____________. Black Woodpecker. Downloaded from http://en.wikipedia.org/ on May 11, 2012.

____________. Black Woodpecker (Dryocopus martius). Downloaded from http://www.arkive.org/ on May 11, 2012.

____________. Black Woodpecker (Dryocopus martius). Downloaded from http://www.avibirds.com/ on May 11, 2012.

2 comments:

  1. Teringat sama kartun woody woodpecker hehehe
    Gan,bisa gak bannernya diganti soalnya saya salah meletakkan url gambarnya.Seharusnya gambar yang ada di blog saya.Please ya gan ???
    Udah saya ubah kode banner saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe sodaranya kok.. :D
      sip, udah saya ganti kok gambar banner-nya, bisa di cek di Blog List.. :)

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...